About

“Hidup itu syarat akan perjuangan, kalo kita sudah patah semangat, habislah sudah”

 – @yugoartono

 

Saya memulai karir sebagai seorang penyiar radio dan MC pada tahun 2007 sambil kuliah di Universitas Airlangga Surabaya. Menjalani profesi sebagai seorang penyiar dan mahasiswa sekaligus membuat saya banyak belajar tentang pentingnya memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Setelah lulus kuliah saya mendapatkan kesempatan menjadi presenter salah satu stasiun TV lokal di Surabaya. Seiring berjalannya waktu, saya semakin mencintai pekerjaan di dunia hiburan ini. Sampai akhirnya, karena permintaan orang tua, saya berpindah halauan. Juni 2012, saya resmi bekerja di Bank BNI.

Bekerja kantoran ternyata memberikan pengalaman yang cukup menarik. Saya belajar tentang bagaimana bekerja dalam tim. Dan senangnya sambil bekerja di BNI, di sela-sela waktu luang, saya masih menjadi penyiar di radio, presenter TV dan MC di beberapa acara baik di Surabaya maupun di luar kota.

Agustus 2010, saya memiliki hobi baru, traveling. Hobi saya ini mengantarkan saya berkenalan dengan dunia entrepreneur. Saya membuka travel agent dengan minat khusus. Bersama beberapa teman, saya menawarkan rute perjalanan ke beberapa destinasi menarik di Jawa Timur, dan ternyata peminatnya cukup banyak.

Kurang lebih dua tahun menjalankan bisnis travel agent, tiba-tiba membuat saya berpikiran bahwa dengan membuka travel agent, saya merasa tidak memiliki sebuah karya. Sangat gampang ditiru, karena barrier of entry nya rendah. Saat itu saya juga mulai suka menulis, terutama tentang artikel perjalanan. Didukung dengan kondisi persaingan yang semakin tidak sehat di bisnis tersebut, saya beralih ke bisnis rumah makan.

Januari 2012 saya bekerja sama dengan seorang teman membuka rumah makan ayam bakar bersama seorang teman. Karena cukup menjanjikan, Juni 2012 saya membuka cabang. Di saat bersamaan, saya mendapat tawaran pekerjaan dari seorang teman untuk bekerja di salah satu perusahaan Training yang akan membuka cabang di Jakarta. Pekerjaannya adalah memberikan pelatihan-pelatihan bisnis ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan jasa training. Dulu, saya sempat bercita-cita menjadi seorang guru atau pengajar, dan akhirnya sayapun mengambil keputusan untuk mengundurkan diri dari BNI dan hengkang ke Jakarta untuk belajar menjadi seorang trainer.

Saat kepindahan saya di Jakarta, permasalahan dalam bisnis saya mulai muncul. Seorang teman yang saya percaya mengelola bisnis tersebut mengalami kesulitan, dan hal ini cukup menganggu konsentrasi saya di Jakarta. Sehingga usaha yang baru seumur jagung tersebut saya berhentikan pada akhir 2012.

Saat ini saya bekerja di Business Wisdom Institute (Training Company) sebagai representative dari Bapak Tanadi Santoso, MBA. Selain itu saya juga beberapa kali diundang sebagai pembicara di beberapa perusahaan dan kampus untuk memberikan pelatihan mengenai sales dan komunikasi.

Selain bekerja, hobi saya untuk menulis tidak pernah saya tinggalkan, blog www.yugoartono.com yang awalnya menjadi tempat saya bercerita tentang jurnal perjalanan, per Februari 2014 saya juga mulai menulis tentang cerita-cerita inspiratif, review buku, maupun berita-berita seputar bisnis dan inovasi.

Semoga dengan isi dan tampilan yang baru ini, tulisan saya mampu memberikan inspirasi dan mendatangkan manfaat bagi anda.

7 Replies to “About”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *