Anda Karyawan? Ingin Jadi Pengusaha? Salah Bila Anda Melakukan 4 Hal Ini..

Picture1

Tidak dipungkiri atmosfer entrepreneurship di Indonesia semakin kuat, banyak startup bermunculan, dan sepertinya wirausaha sekarang telah menjadi simbol baru dalam arti sebuah kesuksesan. Apakah memang wirausaha selalu lebih mulia dibanding karyawan? Benar tidaknya tentu adalah pilihan masing-masing orang untuk menjawabnya.


Hasil riset singkat yang saya lakukan terhadap beberapa kolega mengatakan bahwa mayoritas karyawan ingin bekerja, dan hanya segelintir pengusaha yang ingin kembali mejadi karyawan. Dari sekian banyak karyawan yang ingin menjadi pengusaha, rata-rata tidak kunjung terealisasi karena kendala modal dan beberapa lainnya masih belum terlalu yakin akan menjalankan usaha di bidang apa.

Lalu sebenarnya apa yang salah dari menjadi karyawan, mengapa begitu banyak orang ingin meninggalkan profesi ini?
Sekali lagi jawabannya semua itu adalah pilihan masing-masing, tapi bila anda benar-benar ingin menjadi seorang entrepreneur dan memulainya pada saat anda masih bekerja sebagai karyawan, berikut beberapa hal yang perlu anda hindari:

1. Ingin mendapatkan penghidupan yang lebih layak
Tidak salah bila keberhasilan seorang entrepreneur akan berdampak pada kondisi finansialnya. Tapi kebanyakan karyawan yang ingin berwirausaha dengan tujuan ini, pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya saat ini menjadi tidak maksimal, karena hari-harinya di kantor hanya akan memikirkan bakal usahanya. Usaha adalah sebuah karya, buatlah karya anda mendapat apresiasi positif dari sebanyak mungkin orang, lakukan dengan sungguh-sungguh, paksakan sampai titik batas terlemah anda, materi akan menyusul dengan sendirinya.

2. Ingin mendapat waktu luang
Seorang entrepreneur tentu mendapatkan kebebasan lebih dalam mengatur jadwal kerjanya. Tapi yang salah adalah ketika anda berpikir bahwa akan bisa bekerja lebih santai dibandingkan menjadi karyawan. Menjadi seorang entrepreneur tentu memiliki beban pekerjaan yang jauh lebih berat dibandingkan menjadi seorang karyawan. Menjadi seorang entrepreneur kadang akan membuat anda berdarah-darah, semakin sering melupakan waktu makan siang, dan selalu terkaget saat sadar sudah jam 12 malam dan anda belum makan malam.

3. Tidak Membuat Business Plan
Orang jaman dulu kalau sakit tidak perlu ke dokter, tidak perlu minum vitamin bahkan kadang mereka tidak tahu kalau sedang sakit. Apakah hal itu masih berlaku untuk saat ini? Tentu tidak 100% bisa diadaptasi, penyakit jaman sekarang berbeda, makanannya beda, aktivitas orang-orangnyapun beda. Sama seperti berbisnis jaman sekarang. Tidak bisa hanya mengira-ngira untuk bikin kantor dan peralatan sekian juta, gaji karyawan sekian juta, operasional sekian juta, menjumlahkannya dan berusaha menabung untuk bisa mendapatkan uang tersebut.
Konsumen jaman sekarangpun berkembang, bagaimana kita bisa tahu perkembangan mereka bila hanya mengira-ngira. Lakukan riset market, ketahui seberapa besar pasarnya, competitor, strategi untuk menjadi unik dan unggul, kecakapan apa saja yang harus anda miliki, lalu terakhir tuangkan semuannya dalam Business Plan. Tidak harus rumit, yang penting cukup jelas dan hal terpenting adalah lakukan riset dengan sungguh dan dapatkan data sebenar-benarnya agar perkembangan bisnis anda sesuai dengan apa yang anda rencanakan.
Keuntungan lain bila anda memiliki Business Plan adalah nilai bisnis anda akan semakin mahal di mata investor.

4. Mengerjakan Pekerjaan Bisnis Di Jam Kerja
Biarpun bakal usaha anda sudah terlihat potensinya, atau bahkan mungkin sudah berjalan sekalipun, bila anda masih berstatus sebagai karyawan, jangan mengerjakan bisnis anda pada jam kerja. Anda harus bisa menjaga integritas anda, agar anda tetap memiliki image yang positif di mata orang lain. Kerjakanlah pekerjaan bisnis anda di luar jam kerja. Memang akan jauh lebih menguras tenaga anda, tapi itulah bisnis, pada saat menjalankan di awal, anda harus berdarah-darah, merelakan waktu bersama keluarga tersita, bangun pagi dengan mata yang masih mengantung tapi tetap harus maksimal dalam menjalankan tugas sebagai karyawan.

Untuk sampai pada babak kesuksesan, seorang entrepreneur harus babak belur terlebih dahulu saat melewati tahap awal belajar bisnis. Semoga kita semua selalu memiliki semangat yang tidak pernah ada habisnya. Kita lihat, Seberapa Tinggi Anda Bisa Terbang. Bagi anda yang merasa ada banyak keterbatasan dalam hidup anda untuk memulainya baca juga artikel berikut Tidak Sempurna Sudah Lumrah, Hidup Harus Move On!

Mereka yang membaca artikel di atas, biasanya juga membaca artikel berikut:

One Reply to “Anda Karyawan? Ingin Jadi Pengusaha? Salah Bila Anda Melakukan 4 Hal Ini..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *