Perselisihan Itu Pasti Ada

Picture2

“Padahal jelas-jelas dia itu salah, tapi kenapa dia kayak ga sadar ya?”
Pasti kita pernah mengalami satu moment disaat kita mengeluarkan pertanyaan di atas. Saat ada orang yang melakukan kesalahan menurut kita, tapi orang tersebut tidak mau mengakuinya.

Bila ditelaah lebih jauh, salah atau benar itu adalah sebuah perbedaan persepsi atau sudut pandang. Bukanlah suatu hal yang buruk bila terjadi perbedaan sudut pandang, yang buruk adalah saat perbedaan pendapat itu menjadi sebuah perselisihan yang dibarengi dengan emosi.

Yang perlu kita pahami adalah bahwa perselisihan itu pasti ada saat kita berkomunikasi dengan orang lain. Setiap orang dibesarkan dalam lingkungan yang berbeda, dengan edukasi yang berbeda, sehingga tiap orang akan memiliki prinsip-prinsip yang berbeda dalam menghasilkan sudut pandangnya sendiri.

Saat kita merasa bahwa orang lain itu salah, jahat, atau tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, akan lebih baik jika kita menanamkan pada diri kita bahwa sebetulnya dia tidak salah/ jahat, hanya sudut pandang kita saja yang berbeda. Selanjutnya bisa kita sampaikan bagaimana sudut pandang kita, lalu menanyakan mengapa dia melakukan hal tersebut, sebetulnya cara ini adalah untuk membuat kita melihat sebuah permasalahan dari kacamata yang berbeda, kemudian kita coba sedikit mengalah untuk bisa menyamakan sudut pandang tersebut.

Perselisihan sejatinya bukan mana yang benar atau salah, mana yang baik atau buruk, tapi perselisihan adalah sebuah cara pandang yang berbeda yang harus diluruskan bersama.

Semoga bermanfaat.

Surabaya, 16 Agustus 2014, 6.32.

Ngobrol dengan saya langsung di twitter: @yugoartono dan Facebook: Yugo Artono

Mereka yang membaca artikel di atas, biasanya juga membaca artikel berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *