The Art of Meeting

image
Dalam setiap pertemuan saya selalu berusaha memperhatikan bagaimana masing-masing orang berbicara, bertindak dan berekspresi saat mengutarakan pendapat.

Kadang sebagai individu akan ada orang yang merasa kurang sepaham dengan ide orang yang lain, atau bahkan mungkin merasa bahwa apa yg diutarakan seseorang tidak sesuai dengan karakter mereka di luar meeting.
Bagi mereka yg tidak bisa menahan diri, perbedaan persepsi ini dapat menjadi sebuah perselisihan hati yg kadang terbawa sampai di luar meeting.
Menurut saya sebenarnya di situlah seni dari berbicara dalam sebuah meeting. Kita akan belajar bagaimana menata kata-kata, belajar menyepahamkan pemikiran kita dengan pemikiran banyak pihak, sekaligus belajar mengelola emosi.

Kadang tidak semua meeting kita dapat menunjukkan performa maksimal kita, tapi terlepas dari baik tidaknya hasil dalam sebuah meeting, hal yg lebih penting adalah, mampukah kita mengambil sebuah pelajaran dari meeting yg kita lakukan? Sekaligus mempersiapkan sebuah perencanaan kerja untuk bisa menunjukkan performa terbaik atas apapun keputusan yg telah disepakati bersama. Sejatinya menyepahamkan pemikiran adalah ketika kita bisa membuktikan bahwa kinerja kita patut diperhitungkan karena keberhasilan kita menunjukkan sebuah bukti kerja atau pencapaian yg nyata.

Bila kita dapat menunjukkan kemampuan terbaik kita, maka kita dapat meningkatkan kepercayaan orang lain akan ide dan pemikiran kita.

Hal yg sia-sia adalah saat kita mampu memukau banyak pihak dengan cara bicara kita, namun pada saat praktik hasilnya nol besar.

Percuma pandai berbicara tapi tidak mampu mengeksekusi ide dan pemikiran yang telah dicetuskan. Semoga dengan semakin seringnya kita melakukan pertemuan/ meeting, kepiawaian kita untuk berbicara dan menghasilkan karya berupa hasil kerja nyata semakin terasah.

Mereka yang membaca artikel di atas, biasanya juga membaca artikel berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *