[Profile] Yudasmoro – Wordstraveler

widget-wp
Yudasmoro

Dewasa ini kegiatan travelling sedang menjadi primadona dan hobby yang paling diminati banyak orang. Kemudahan akses informasi tentang   sebuah destinasi menjadikan kegiatan yang tadinya merupakan momok ini menjadi jauh lebih mudah. Don’t talk to stranger, larangan yang sering kita dengar tempo dulu ini seakan semakin tidak relevan kita bawa dalam kehidupan sehari-sehari.

Lalu permasalahan berikutnya adalah biaya, travelling identik dengan membuang-buang uang, pemborosan, atau mungkin hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki keamanan dari segi financial. Seiring dengan meningkatnya kegemaran banyak orang terhadap travelling, muncul profesi baru yaitu travel writer, seperti apakah profesi yang disebut-sebut sebgai profesi paling mengasyikkan tersebut?

Lahir di Balikpapan dari pasangan Jawa asli, Raden Yudasmoro Minasiani yang bercita-cita memiliki homestay di pinggir pantai, punya kedai sop kikil (salah satu makanan favoritnya) dan mengunjungi Azerbaijan (negeri pecahan Uni Sovyet) melabelkan dirinya sebagai seorang travel writer untuk mewujudkan impian-impiannya.cina-1-15

Kecintaan pada dunia tulis-menulis memantapkan keyakinannya untuk banting setir dari profesi sebagai Manager sebuah restoran cepat saji untuk menjadi seorang freelance travel writer. Tidak memiliki background jurnalistik sama sekali tidak pernah mengecilkan hatinya. Kemampuan menulis cerita perjalanan yang dia dapatkan dari membaca buku dan internet, sukses membawanya sebagai kontributor tetap untuk Sriwijaya Inflight Magazine. Karya-karyanya juga pernah dimuat majalah-majalah perjalanan seperti Jalan Jalan, Aplaus the Lifestyle, Getaway, Garuda Inflight Magazine, HelloBali, Jakarta Java Kini, Lion Magazine, Traveltren, Travelwan, D’Sari, National Geographic Traveler, Tamasya, Liburan, Panorama.

Menjadi seorang penulis merangkap fotografer yang bisa keliling dunia gratis bahkan dibayar, telah menjadi profesinya saat ini yang dia sebut sebagai profesi yang paling mengasyikkan.

Yudasmoro sendiri juga gemar berbagi cerita perjalanan dalam websitenya www.yudasmoro.net atau melalui account twitter @wordstraveler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *