Can you find the tosca at Surabaya – Bali’s Flight?

Image
Pemandangan Kawah Ijen yang berwarna Tosca

Berada pada penerbangan Surabaya – Bali, sempatkanlah mengamati perjalanan, maka kamu akan menemukan pemandangan kawah berwarna hijau tosca yang sangat indah dari ketinggian, itu adalah Kawah Ijen.

Kawah gunung Ijen terletak di perbatasan Bondowoso dan banyuwangi. tempat ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, kawah belerangnya benar-benar menawarkan pemandangan kawah berwarna hijau tosca, apabila cuaca sedang cerah maka perpaduan birunya langit dan pemandangan kawah akan terasa sangat sempurna.

Selain menyuguhkan pemandangan yang cukup indah, kawah Ijen juga merupakan pusat penambangan belerang, banyak warga sekitar yang menggantungkan hidup dari memecah bebatuan di sekitar bibir kawah untuk kemudian di “pikul” dan di timbang di tempat pengepulan. Dalam sehari rata2 mereka bisa mengumpulkan 50rb-75rb untuk satu pikulan batu belerang yang memiliki bobot kurang lebih 80kg. “Kalo masih kuat saya bisa bolak-balik membawa dua sampai tiga pikul mas, lumayan buat tambahan belanja ibunya anak-anak” ungkap mas Mistar, salah satu penambang belerang gunung Ijen. Kegiatan penambangan tradisional ini juga merupakan salah satu daya tarik dari kawah ijen,  kabarnya hanya ada di Indonesia (Ijen dan Welirang).

Jalan setapak menuju ke kawah ijen dari paltuding berjarak kurang lebih 30km yang biasa ditempuh 3 jam jalan kaki santai, medanpun cukup berat dengan kemiringan yg lumayan menyulitkan. Selain menanjak struktur tanahnya pun berpasir sehingga menambah kesulitan pendakian karena harus menahan berat badan agar tidak merosot ke bawah. Di tengah perjalanan kita akan menjumpai pos bunder (bulat), dinamai demikian karena memang bentuk wilayahnya melingkar, selain digunakan untuk tempat beristirahat sebelum melanjutkan pendakian lagi, tempat ini juga merupakan tempat pengepulan batu belerang yang di bawa oleh para penambang dari bibir kawah.

Perjalanan setelah pos Bunder relatif lebih ringan, jalur pendakian cukup landai, kita akan mulai disuguhi pemandangan deretan pegunungan yang sangat indah, gumpalan awan yang terlihat menyelimuti beberapa puncak pegunungan di sepanjang perjalanan juga terlihat sejajar bahkan lebih rendah dari posisi kita berjalan. Setelah sampai di puncak penglihatan kita akan dimanjakan pemandangan kawah berwarna hijau tosca, dinding bebatuan di bibir kawah terlihat berwarna kekuningan, itulah batu belerang dimana disekelilingnya dipadati para penambang yang terlihat seperti titik-titik hitam berarakan bergantian, dari sini kita akan merasakan ambience yang cukup berbeda dibandingkan jalur pendakian sebelumnya, hawa yang sejuk bercampur bau khas belerang, angin yang berhembus menerpa wajah dan mengusir kelelahan kita. Hilir mudik penambang dan poter yang sedang menjadi guide sekaligus mengangkut barang bawaaan tamu turut menambah kemeriahan di puncak gunung Ijen.

Bila ingin merapat ke bibir kawah kita bisa turun melintasi undak-undakan batu sejauh 250 meter dengan kondisi yang cukup terjal. Menuruni kawah anda perlu mempersiapkan masker yang terkadang harus dibasahi dengan air untuk mencegah menghirup uap belerang terlalu berlebihan yang sering menyebabkan sesak nafas.

Kawah gunung ijen memang merupakan tempat yang wajib dikunjungi bila kamu pergi ke jawa timur, selain memiliki sunrise dan kawah dengan pemandangan memukau, kawah ijen juga memiliki fenomena bluefire atau api biru yang konon kabarnya hanya ada dua di dunia. Di Indonesia dan Islandia. Tapi untuk dapat melihat fenomena bluefire ini, kamu harus berangkat mendaki dari paltuding pada malam hari, bila beruntung kamu bisa menyaksikan fenomena langka ini pada sepertiga malam dan akan menghilang perlahan sejurus dengan munculnya sinar matahari.

Transportasi

Perjalanan menuju Kawah Ijen bisa dilakukan melalui kota Bondowoso menggunakan Bus umum dengan perkiraan perjalanan tujuh jam dari Surabaya dan empat jam dari Denpasar, Bali. Dari Bondowoso atau Banyuwangi ke pos akhir Paltuding bisa ditempuh dengan menyewa jip, karena jalanan tidak terlalu bagus kurang lebih tiga jam waktu yang kita butuhkan untuk sampai di pos akhir.

Bagi kamu yang ingin berhemat bisa memilih alternatif lain, dari terminal Bondowoso ada angkutan desa menuju desa sempol dengan tarif Rp. 15,000, kemudian dilanjutkan dengan ojek, tarifnya Rp. 40.000 – Rp. 50.000.

Bisa juga dari banyuwangi naik angkutan desa ke arah batu licin terlebih dahulu dengan tarif Rp. 10.000 lalu menumpang mobil pengangkut pasir, biasanya mereka mematok tarif Rp. 5.000 – Rp.10.000 sampai ke paltuding.

Penginapan

Ada beberapa alternatif penginapan di sekitaran ijen:

  1. Penginapan di pos Paltuding:

Ini adalah penginapan terdekat menuju pendakian kawah ijen, letaknya di pos akhir Paltuding.

Penginapan sederhana yang dikelola Departemen Kehutanan ini menyewakan kamar seharga Rp. 100.000 per malam dan villa sehp. 500.000 per malam.

  1. Guest House Belawan/ Jampit

Guest House milik PTP ini relatif lebih nyaman dengan tarif Rp. 135.000 per malam, namun untuk menuju ke jalur pendakian kamu harus menyewa kendaraan lagi karena harus menempuh kurang lebih enam kilometer perjalanan terlebih dahulu.

  1. Catimor Hotel and Guest House

Penginapan ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kolam renang dingin/ panas (langsung mata air belerang), wisata perkebunan teh dan kopi di sekitaran hotel, dan view yang cukup bagus.

Room                                       Rate (Rp.)                         No. of room

Bug Superior                            270.000                                     2

Small Superior                         200.000                                    4

Standard Triple                        180.000                                   14

Standard Double                      135.000                                   10

Extra Bed                                     40.000

* Untuk menuju ke Paltuding dari penginapan ini kamu harus menyewa kendaraan.

  1. Arabica Homestay

Penginapan ini juga terletak di sekitaran coffee plantation, selain hot spring di dekat penginapan ini juga terdapat strawberry garden yang juga menjajahkan berbagai olahannya.

Room                                        Rate (Rp.)                         No. of room

VIP                                             270.000                                    4

Standard                                   190.000                                    7

Economy                                   140.000                                  12

Economy Triple                      180.000                                    3

* Untuk menuju ke Paltuding dari penginapan ini kamu harus menyewa kendaraan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi kawah Ijen adalah musim kemarau di bulan Juli – September. Sangat berbahaya mendaki di musim hujan, karena jalanan akan menajadi sangat licin.

Jangan membawa perlengkapan  mendaki untuk persiapan melawan udara dingin seperti Jaket tebal, tapi yang menutupi telinga, syal leher, sarung tangan, sepatu kets, head lamp akan sangat membantu bila kamu melakukan pendakian saat gelap.

 

Image
Papan larangan bagi pengunjung yang ingin pergi ke bawah
Image
Pemandangan perjalanan menuju kawah
Image
Other view of Ijen Crater
S
Penambang belerang yang sedang mengangkut pikulan (belerang hasil tambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *